2/24/2010

Mau Tidur Nyenyak ?

KEBUTUHAN manusia yang paling penting setelah beraktivitas ( blogwalking ) seharian adalah tidur yang cukup. Pemulihan kondisi tubuh menjadi faktor utama pentingnya tidur. tapi, tidak jarang orang mengalami gangguan tidur atau susah tidur. Bahkan, hal terburuk yang terjadi yaitu menderita insomnia ( waduh jangan sampai deh ).

Penyebabnya, mulai dari pikiran yang mengganggu hingga kebiasaan yang telah kita jalani membuat beberapa orang susah untuk memejamkan mata. Ada beberapa tips supaya para blogger dapat tidur nyenyak dan sehat saat istirahat.

Berikut ini tujuh tips sederhana yang mungkin bisa membantu para blogger buat tidur nyenyak.

1. Biasakan tidur dan bangun dengan teratur
Kebanyakan orang mengalami gangguan tidur, karena kebiasaan atau pola tidur yang tidak beraturan. Tidak teraturnya jadwal tidur tentu akan berpengaruh pada kualitas tidur. Ritme tidur yang tidak teratur akan membuat gejala susah tidur semakin terbuka. Nah, mulai sekarang harus membiasakan diri untuk memiliki jam tidur dan bangun yang teratur, jangan kebanyakan begadang ya...

2. Hindari konsumsi kafein pada malam hari
Kafein terkandung dalam teh, kopi, dan coklat. Kafein merupakan perangsang bagi sistem tubuh yang akan membuat selalu terjaga. Oleh karena itu, untuk mendapatkan tidur yang baik dan tepat waktu sebaiknya hindari minum kopi pada malam hari.

3. Perhatikan pola makan
Mengkonsumsi makanan berat sebelum tidur dapat membuat malam hari tidak nyaman. Selain itu, terlalu banyak minum juga akan membuat semakin mudah pergi ke kamar mandi. Tapi klo perut keroncongan, lebih baik mengonsumsi makanan ringan yang sehat. Hal itu tentu akan lebih membantu Anda tidur nyenyak.

4. Lakukan olahraga rutin
Biasakan melakukan olahraga kurang lebih tiga jam di waktu pagi atau siang hari. Selain membuat tubuh sehat, juga akan membuat tidur lebih baik dan nyenyak.

5. Lakukan relaksasi rutin saat jam tidur
Berbagai relaksasi akan memudahkan untuk tidur. Berbagai aktivitas seperti membaca buku, ngeblog atau mendengarkan musik dapat menjadi hal termudah sebagai pengantar tidur. Selain itu, situasi kamar baik dari kerapian, ketenangan, pencahayaan yang cukup, busana tidur yang lembut, dan suhu juga sangat memengaruhi kuantitas maupun kualitas tidur.

6. Segera keluar kamar tidur saat Anda bangun
Biasanya orang yang sudah bangun dari tidur akan kembali tertidur jika masih berkutat di dalam kamar. Perasaan malas tentu bisa menjadi bumerang, sehingga tak jarang membuat kembali tertidur.

7. Bicarakan kondisi Anda dengan dokter atau ahli
Bagi yang memiliki masalah dengan tidur, sebaiknya segera melakukan diskusi atau konsultasi pada dokter atau ahli yang berkompeten. Hal ini sangat diperlukan untuk membantu menganalisa penyebab gangguan tidur. Ingat-ingat ting.., gangguan kecil pada tidur dapat berujung buruk bagi kesehatan.

Nah, bagi yang merasa mengalami gangguan tidur sekecil apapun harus lebih berhati-hati. Jangan dianggap remeh gejala gangguan tidur yang dialami. Tak jarang orang yang mengalami gejala awal susah tidur harus berakhir menjadi penderita insomnia. Ayo Say No To Insomnia...

Related Posts:

84 komentar:

Mr.o2n on "Mau Tidur Nyenyak ?" said...

Pertamanya,terimakash ni atas tipsnya kebetulan aku orang nya susah tidur

Sudino Dinoe on "Mau Tidur Nyenyak ?" said...

Makasih tipsnya mas, saya kayaknya mulai ada gejala2 ini, kalau malam sulit tidur, jam 2 malam baru bisa mengantuk, thanks ya mas, atas tipsnya

tomo on "Mau Tidur Nyenyak ?" said...

Olahraga rutin cukup ampuh agar bisa tidur nyenyak

Riesta Emy Susanti on "Mau Tidur Nyenyak ?" said...

Wah,,klo ak alhamdulillah gak ada masalah ma urusan tidur...jam 9 malem pasti uda ngantuk dan bsa lgsung trtidur...cuma masalahku adalah susah bwt tidur siang...hehehe

Lifestyle on "Mau Tidur Nyenyak ?" said...

@mr.o2n : mudah2an bisa bermanfaat....
@sudino dinoe : wah sama kayak saya tuh mas....
@tomo : iya soalnya habis olahraga kecapean langsung ngantuk deh..hehe.
@riesta : pantes klo malam tidurnya cepat, ga pernah tidur siang ternyata..hehe

Lulus Sutopo on "Mau Tidur Nyenyak ?" said...

Wah makasih banget nich trik dan tipsnya..
Kadang juga aku sulit tidur..
Terimakasih sharingnya dan sukses selalu

berita untuk negri on "Mau Tidur Nyenyak ?" said...

kalau saya kurang olah raga dan pola makan yang tidak teratur,,terima kasih infonya,sangat bermanfaat sekali

heru on "Mau Tidur Nyenyak ?" said...

terima kasih sobat atas tipsnya, sangat bermanfaat

Lifestyle on "Mau Tidur Nyenyak ?" said...

@lulus sutopo : semoga bisa bermanfaat..
@berita untuk negri : mudah2 bisa diterapkan..
@heru : thx udah berkunjung...

Syifa on "Mau Tidur Nyenyak ?" said...

hehe.. postingan ini agak mirip2 nih sama postinganku beberapa waktu lalu..
say no to insomnia? susah banget...

btw, uda aku follow balik ya..

Lifestyle on "Mau Tidur Nyenyak ?" said...

@syifa : wah, postingan saya ga ada apa2nya dibandingkan punya mbak, punya mba lebih lengkap ternyata jadi malu nih, mohon maaf klo memang ada kemiripan...

kebookyut on "Mau Tidur Nyenyak ?" said...

wah.. kok blogwalking sih aktifitasnya?! hehe

Lifestyle on "Mau Tidur Nyenyak ?" said...

@kebookyut : hehe, soalnya klo dah blogwalking bisa lupa waktu....

kang tejo on "Mau Tidur Nyenyak ?" said...

saya sering g teratur karena insomnia mas

ieyaz on "Mau Tidur Nyenyak ?" said...

wahh..insomnia...
aku banget tuhhh... :(

nice tips..

Noor's blog (inside of me ) on "Mau Tidur Nyenyak ?" said...

Wah...mantap nih tipsnya ! tapi sekarang2 ini saya justru terbalik nih, gampang ngantuk ! niat mau nonton bola jadi nggak kesampaian...he..he

rizal on "Mau Tidur Nyenyak ?" said...

biasa saya kalau lagi banyak fikiran saya sering susah tidur. mungkin juga karena pola makan saya yang nggak teratur, makasih tipnya...
happy blogging...

merawat dan memperbaiki komputer on "Mau Tidur Nyenyak ?" said...

kalo blogwalking nya malam sampe pagi gimana ya mas?

info dalam kubus on "Mau Tidur Nyenyak ?" said...

artikel yang bermanfaat sob...

makasih..

deni hermawan abe on "Mau Tidur Nyenyak ?" said...

mantap sob, terimakasih...

Lifestyle on "Mau Tidur Nyenyak ?" said...

@kang tejo & ieyaz : wah klo bisa cepat diperiksakan tuh ke ahlinya....
@noor's blog : klo bolakan biasanya pgi buta tuh, klo mau tidur dulu, jgn ditungguin ntar malah ketiduran..heheh..
@rizal : sama2 semoga bermanfaat..
@merawat dan memperbaiki komp : wah klo itu namanya kalong bangunnya malam tidurnya siang heheh...
@info dalam kubus & deni hermawan abe : thx udah mau berkunjung...

Hendriawanz on "Mau Tidur Nyenyak ?" said...

wah untuk yang no 1 ini agak susah..terkait jadwal..tapi semoga bisa diatasi. nice posting sob

blogger gembloeng on "Mau Tidur Nyenyak ?" said...

ini nich yang kak cari-cari.. sebenarnya saya paling cepet yang namanya tiduk bos... pie waktunya aja yang ndak ada.. bisa berbagi sedikit gimana cara bujuk badan biar tidur... soalnya badan dan pikiran pikirannya kerja terus.. thanks bos...

Dennis on "Mau Tidur Nyenyak ?" said...

Trims y.. kadang gue juga sring gtu.. wwkwkwk !!

tukaran y.. link 2 gtu loh

Dunia Komputer on "Mau Tidur Nyenyak ?" said...

Nice tips sob. Saya simpan dulu tipsnya. Siapa tahu nanti berguna buat saya atau keluarga. Makasi ya.

Computer Tips Tricks on "Mau Tidur Nyenyak ?" said...

Very interesting tips. Thanks friend.

aan on "Mau Tidur Nyenyak ?" said...

iya nih harus di biasakan pola hidup sehat spt yg di posting,,aku terus terang susah bwt tidur teratur,,kebanyakan begadang,apalagi kalo udah ngumpul ma temen2,,

met siang semuaaa,,
nice posting ya mas,,kabari aku lagi kalo ada yg baru,,hehe

Lifestyle on "Mau Tidur Nyenyak ?" said...

@hendriawanz : iya mas, tidur aja harus terjadwal biar bisa tidur nyenyak...
@blogger gembloeng : klo gitu coba olahraga mas, biar badan agak lelah jd tu badan bisa diatur buat tidur..
@dennis : masih dipikirkan mas mo ditaroh di sidebar apa di halaman postingan... mohon petunjuk..
@dunia komputer : silahkan disimpan, smoga bisa bermanfaat...
@computer tips trick : thx for coming..
@aan : wah klo bisa jgn terlalu sering begadang, tp yg penting cukup istirahat...

Seti@wan Dirgant@Ra on "Mau Tidur Nyenyak ?" said...

makasih banyak atas tipsnya sobat.

izin follow balik.

♥ria♥ on "Mau Tidur Nyenyak ?" said...

aku juga pernah mengalami insomnia
tp sekarang dah jarang
yg penting kita harus relax jangan banyak pikiran ^^

Lifestyle on "Mau Tidur Nyenyak ?" said...

@setiawan dirgantara : thx mas dah follow balik..
@ria : btul, harus relax jd pikiran juga tenang...

anyin on "Mau Tidur Nyenyak ?" said...

duh jadi ngantuk..

richo on "Mau Tidur Nyenyak ?" said...

wah kalo bangun tuh rasane susah bgt, bantal guling n kasur selalu merayu untuk selalu di temani heheh

hersu on "Mau Tidur Nyenyak ?" said...

poin.5, kalo relaksasinya ngeblog, bisa2 ndak tidur. pengennya begadang...

laptop on "Mau Tidur Nyenyak ?" said...

makasih tipsnya. sangat berguna deh

darahbiroe on "Mau Tidur Nyenyak ?" said...

wah sulit juga yaw maw tidur nyenyak klo harus teratur coz sering begadang heheh tapi klo ditemenin yg digambar itu bulehlah tidur awal hahah


berkunjung dan ditunggu kunjungan baliknya makasih :D

☼►100ABC blog☼◄ on "Mau Tidur Nyenyak ?" said...

Uuuhhhm makasih berbaginya, kebetulan hampir semua sudah saya terapkan kecuali nomor empat jarang saya berolahraga, yang kelima kadang saya tertidur di depan monitor, dan yang terakhir rasanya tidak perlu karena saya sangat nyaman dengan tidur saya.

Sangat bermanfaat sekali.
Jika Anda berkenan mengambil award, sangat menggembirakan buat saya

BIG SUGENG on "Mau Tidur Nyenyak ?" said...

Saya paling gampang tidur
habis minum kopi juga bisa langsung tidur..

buwel on "Mau Tidur Nyenyak ?" said...

wah makasih mas, tentu sekarang saya bisa tidur nyenyak neh... :-)

a-chen on "Mau Tidur Nyenyak ?" said...

nice info nice info nich. salute!

Beben on "Mau Tidur Nyenyak ?" said...

kalo boboknya ama gadis yg di photo itu mah pasti nyenyak
tapi kalo sakit gigi mah tetep saja gak akan nyenyak...argh!!!!

dagger on "Mau Tidur Nyenyak ?" said...

huuuh..ini masuk gangguan saya..suka ketelanjuran susah tdur setelah semalaman blogging..gimana yaah??...follow blog kamu sob...

Aulawi Ahmad on "Mau Tidur Nyenyak ?" said...

wau info yang bermanfaat bro, tq 4 share :)

fai_cong on "Mau Tidur Nyenyak ?" said...

infonya sungguh mantab.
salam sobat

megi on "Mau Tidur Nyenyak ?" said...

mau tanya, kenapa kalau saya tidur siang, malamnya saya jadi sulit tidur yah ???

semutbengkok on "Mau Tidur Nyenyak ?" said...

waahhh bahasanmu yg nomor 6. itu sob yg bikin aq serg bangunnya ksiangan
kyknya btol jg ya!! klo uda bangun hrs cpet2 kluar kamar biar kta gk ngntuk lg klo liat bntal pngennya rebahan lg se...hehe
brkunjung mlem2 ne

EVSON `08 on "Mau Tidur Nyenyak ?" said...

mkasih atas komennya..
ya sbgus tuwh infonya,,
tapi harus diperhatikan juga bagaimana tidur itu harus berkualitas...;-)

archv3nture on "Mau Tidur Nyenyak ?" said...

klo dah hobinya begadang...dipaksain tidur jg gak bisa..tp..tipsnya bermanfaat sekali..thx dah berbagi

megi on "Mau Tidur Nyenyak ?" said...

saya susah "tidur malam" kalau "tidur siang"
Mengapa........ ?????

Lifestyle on "Mau Tidur Nyenyak ?" said...

@anyin : wah,asal ga ngantuk gara2 postingan ini membosankan aja hehe.....
@richo : nah makanya point 6 diperlukan...
@hersu : wah klo ngeblog sih biasanya ampe lupa waktu...
@laptop : semoga bisa bermanfaat..
@darahbiroe : klo yg nemenin yg digambar sih bisa nga bangun2 ntar hehe...
@100abc blog : syukur klo teman tidak ada gangguan tidur, awardnya segera saya jemput..
@big sugeng : wuih dah minum kopi masih bisa cepat tidur, mantap dah....
@buwel : syukur klo gitu..
@a-chen : salute to you to...
@beben : klo lg sakit gigi ntar bengkaknya dielus2 ama yg di gambar jd bisa tidur deh hehe...
@dagger : wah sama donk mas, kadang keasyikan ngeblog samapai pagi hehe..
@aulawi ahmad : sama2, mudahan bisa bermanfaat..
@fai_cong : salam sob...
@megi : wah soalnya ngantuknya dah hilang waktu tidur siang, jd malamnya ga ngantuk lg deh hehe..
@semutbengkok : iya harus buru2 keluar soalnya ntar bantal ama gulingnya manggil2 terus..

Lifestyle on "Mau Tidur Nyenyak ?" said...

@evson'08 : setuju mas...
@archv3nture : iya juga sih, hanya memberi tips aja hehe..

buwel on "Mau Tidur Nyenyak ?" said...

selamat malam ea, sukses selalu... :-)

a-chen on "Mau Tidur Nyenyak ?" said...

berkunjung..

exort on "Mau Tidur Nyenyak ?" said...

pingin banget bisa jadi orang yg pelor, sekali nempel langsung molor hehehe

Lifestyle on "Mau Tidur Nyenyak ?" said...

@buwel : met malam...
@a-chen : silahkan...
@exort : walah, enak juga tuh jd pelor...

intuisiblog.com on "Mau Tidur Nyenyak ?" said...

terima kasih atas tipsnya

Lifestyle on "Mau Tidur Nyenyak ?" said...

@intuisiblog.com : sama2 mas....

oklyn streezia on "Mau Tidur Nyenyak ?" said...

lebih nyenyak kalo tidur sama yang di gambar,, kwakwakkwk [just joke]

rental mobil on "Mau Tidur Nyenyak ?" said...

bagus jga tip2 nya
semoga bisa tidur nyenyak

pakde sulas on "Mau Tidur Nyenyak ?" said...

mau tidur nyenyak? pakde tambahin ya kalau tidak jangan lupa berdoa sebelum tidur biar biar gak diganggu setan dan yang kedua belajar iklas, artinya apaun yang terjadi kita harus siap menerima apa adanya sehingga tidak terbawa tidur.InsyaAlloh akan bisa tidur nyenyak

lina@women's perspectives on "Mau Tidur Nyenyak ?" said...

Saya bersyukur karena tergolong pelor alias nempel molor, hehehe. Terima kasih tipsnya...

Lifestyle on "Mau Tidur Nyenyak ?" said...

@oklyn streezia : setuju klo itu hehe..
@rental mobil : thx..
@pakde sulas : wah makasih pakde pencerahannya..
@lina : wah, syukur klo gitu....

Blogger Ceria on "Mau Tidur Nyenyak ?" said...

wah belakangan uda jarang banget tidur teratur.. -_-

Lifestyle on "Mau Tidur Nyenyak ?" said...

@blogger ceria : mudah2an tidurnya bisa teratur...

shofwan on "Mau Tidur Nyenyak ?" said...

Asslkum!!terima kasih atas infonya. Btw da gk tips buat mudah bangun tidur, coz sya susah bangun tidur, apalagi pas adan sbuh,,,thanks

Astaga.com lifestyle on the net on "Mau Tidur Nyenyak ?" said...

nambahin, hilangkan fikiran jauh2 saat mau tidur biar relaks

NegeriAds.com Solusi Berpromosi on "Mau Tidur Nyenyak ?" said...

klo udah cape trus udah kenyang, gampang dee tidurnya....

chi_bunchiss on "Mau Tidur Nyenyak ?" said...

nice artikel
mungkin bisa mulai saya praktekkan
hehehe
^_^

Anonymous said...

Traditionally, Ugg Boots rugby boots were of a high cut Uggs above the ankle to provide additional Cheap Ugg Boots ankle support. This was seen as appropriate Ugg Boots UK given the nature of the game,UGG Australia particularly the stresses of forward play, Ugg Boots Sale and the amount of physical contact involved and to provide protection against knocks

Android Phone Tips on "Mau Tidur Nyenyak ?" said...

ini neh yang membuat say uring2 kalo bangun pagi..ane ga bisa teratur tidur dan bangun nya..

Android Phone Tips | Android Phone Tutorial

Sidat on "Mau Tidur Nyenyak ?" said...

tahnks gan...perlu juga dicobain tipsnya..Sidat | unagi

budidaya on "Mau Tidur Nyenyak ?" said...

thanks atas infonya,saya coba dulu deh....

budidaya lele | budidaya lobster | budidaya gurame | budidaya belut | budidaya nila

obat alami hepatitis on "Mau Tidur Nyenyak ?" said...

mantap nih tips nya , ssaangat bermanfaat sekali gan , salam kenal aja gan

xamthone plus on "Mau Tidur Nyenyak ?" said...

sipp bgt, aku juga sering insomnia..
makasih ya..

XAMthone plus on "Mau Tidur Nyenyak ?" said...

wis tuutorialnya keren sekali tuh gan , makasih banyak ya gan

XAMthone plus on "Mau Tidur Nyenyak ?" said...

wis tips nya mantap sekali nih, makasih banyak ya gan , semoga bermanfaat nih

vie on "Mau Tidur Nyenyak ?" said...

tipsnya bermanfaat bgt. . .
mksh yaa. . .

chute on "Mau Tidur Nyenyak ?" said...

Makasih buat infonya..
Berguna bgt ..!!!!

dede on "Mau Tidur Nyenyak ?" said...

wah bagus gambar nya, hahaha

dde on "Mau Tidur Nyenyak ?" said...

bisa langsung di praktekin ga

artikel Obat herbal Tradisional on "Mau Tidur Nyenyak ?" said...

ga bosen baca artikel nya ..
seruuu..
lanjutkan :)

obat panas lambung |
obat Infeksi Hati |
obat tradisional lupus anak

obat gejala tipes on "Mau Tidur Nyenyak ?" said...

info yag menarik..
di tunguu info selanjutnya..

NANGKRING.
obat nyeri ulu hati.
obat tipes tradisional pada anak.

Daftar Harga on "Mau Tidur Nyenyak ?" said...

makasih nih, ntar mau dicoba ahk...

Obat asam lambung on "Mau Tidur Nyenyak ?" said...

Kalau mau tidur nyenyak ya konsumsi ace maxs, selain membuat tidur lebih nyenyak ace maxs juga sangat bagus untuk sistem kekebalan tubuh dan memulihkan kembali stamina yang drop

Jangan Lupa Komentarnya Tentang :
"Mau Tidur Nyenyak ?"

Silahkan diisi komentarnya, asal nga spam y...

 

Lifestyle Inspiration Copyright © 2009 WoodMag is Designed by Ipietoon for Free Blogger Template