3/07/2010

Tenang, Cuma Mitos !!

MITOS pinokio terkadang mempengaruhi pemikiran logis, perkembangannya dalam masyarakat karena penyampaian informasi yang kurang tepat, kurang lengkap, bahkan terlalu lebay berlebihan. Hal ini menyebabkan timbulnya sikap antipati, defensif bahkan diskriminasi pada situasi tertentu.

Ga nyangka nih ternyata mitos mengenai menstruasi juga beredar dalam masyarakat dan turun temurun diberitahukan. Beberapa di antaranya:

1. Menstruasi membuat tubuh menjadi lemah.
Hasil penelitian menyebutkan bahwa darah menstruasi yang keluar blogger-emoticon.blogspot.com kira-kira hanya 150 ml atau sekitar empat sampai enam sendok saja. Jadi tidak benar kalau tubuh akan menjadi lemas hanya karena sedang menstruasi.

2. Sedang menstruasi berarti sedang sakit.
Justru sebaliknya takbole, menstruasi itu proses alami yang dialami oleh setiap cewek produktif. Menstruasi berarti cewek tersebut sehat dan sistem reproduksinya bekerja dengan normal.

3. Ingin menstruasi lancar, sering-seringlah minum soft drink.
Banyak cewek yang percaya selain memperlancar keluarnya darah, minum soft drink juga dapat mengurangi rasa sakit perut. Sebenarnya belum ada penelitian blogger-emoticon.blogspot.com khusus mengenai hal ini. Sakit tidaknya perut saat menstruasi atau lancar tidaknya darah menstruasi yang keluar semua itu dipengaruhi oleh hormon serta faktor psikis seseorang.

4. Memakai pembalut saat menstruasi bisa menyebabkan kemandulan.
Secara medis memakai pembalut justru merupakan metode selama masa menstruasi agar tetap bersih dan tidak lembap blogger-emoticon.blogspot.com. Pada dasarnya semua pembalut itu sehat, tetapi sebagian cewek ada juga yang mengalami alergi dan iritasi. Penyebabnya adalah sensitivitas organ kelamin setiap cewek berbeda. Oleh karena itu disarankan agar saat menstruasi mengganti pembalut blogger-emoticon.blogspot.com sesering mungkin (idealnya setiap 4 jam), terutama ketika sedang banyak-banyaknya keluar darah menstruasi dan setelah buang air kecil atau besar.

5. Saat menstruasi dilarang berenang.
Selama memakai pembalut dan tidak merasa risih, berenang saat menstruasi tidak dilarang. Dan ini sama sekali tidak berpengaruh pada kesehatan. Sebagai saran, jika perut merasa kram ::(, barulah hentikan aktivitas berenang. Atau pada saat air kolam sudah berubah jadi merah hehe...hohohoho

6. Menstruasi yang normal itu lamanya pasti seminggu.
Pendapat ini tidak benar babai. Setiap cewek pasti memiliki masa menstruasi yang berbeda dan tidak selalu harus tujuh hari. Cewek yang memiliki masa menstruasi tiga, empat atau lima hari masih dianggap normal. Yang ga normal itu klo ga mens selama beberapa bulan, hmm....:puppyeyes:

7. Jangan minum es saat menstruasi.
Sebenarnya air dingin ga berpengaruh apapun saat menstruasi. Apalagi katanya menghambat aliran darah, selama tidak merasakan sakit ataupun perut kembung, minum air es blogger-emoticon.blogspot.com sah-sah saja.

(sumber: buku Kesproholic)

nah, buat para cewek klo dah baca ini ga usah lagi percaya blogger-emoticon.blogspot.com sama yang namanya mitos menstruasi. Apalagi yang katanya ga boleh berenang, cuek aja lg, merah2 deh tu kolam hehe...sengihnampakgigi

Related Posts:

83 komentar:

Sou Stalker on "Tenang, Cuma Mitos !!" said...

waah,gak ngerti yang ginian gan,numpang lewat ae. .
:D

Riesta Emy Susanti on "Tenang, Cuma Mitos !!" said...

ooooooooo,,,begitu ya...
jadi itu cuma mitos toh...
tapi kalo aku lagi dapet,,,perutku sakit juga...(cuman pas hari pertama aja dink)
hehehhee

cyber dreamer on "Tenang, Cuma Mitos !!" said...

saat hari2 awal menstruasi emang kadang terasa sakit, tp emang selanjutnya biasa aja sie...

tp kadang menstruasi jg dijadikan kambing hitam untuk marah2 g jelas, hihi... ^^

Saung Web on "Tenang, Cuma Mitos !!" said...

Wah untung aku belum pernah menstruasi tuh.. haha.. lha wong lanang..

Link Tea on "Tenang, Cuma Mitos !!" said...

Tipsnya bagus juga nih buat istriku hehe..

elok langita on "Tenang, Cuma Mitos !!" said...

ngerti ngerti ngerti.. mkashy infonya..

hebatnya yang buat artikel ini bukan berjenis kelamain cewek, tapi peduli sama hal yang kayak beginian ^_^

Edwin's Personal Blog on "Tenang, Cuma Mitos !!" said...

Setuju... Para cewek kayaknya banyak yang termakan mitos itu selama ini. Jadinya mereka tersugesti seperti yang mas Dimas uraikan di atas. Nah sekarang cewek perlu nih baca ini... biar ngga gampang bete lagi kalau 'lagi waktunya' hehehe

megi on "Tenang, Cuma Mitos !!" said...

masalahnya aku ga' menstruasi, jd mau numpang lewat aja :p

met pagi :D

fai_cong on "Tenang, Cuma Mitos !!" said...

Wah ukurannya sendok.
Sendok teh apa sendok makan yah?
Ckckckck...

Blogetarian on "Tenang, Cuma Mitos !!" said...

untung cuma mitos

dagger on "Tenang, Cuma Mitos !!" said...

aku bukan cewek sih...tp kalo masalah berenang jang deh..apalagi dikolam renang umum..wah bisa kotor kolamnya ya??? hehe

Aulawi Ahmad on "Tenang, Cuma Mitos !!" said...

waduh gak ikutan em bro hehehe, btw yg aku tau em buat cewek bawaannya jadi emosian, mitos bukan tuh? hehehe

woody on "Tenang, Cuma Mitos !!" said...

iya nih kalo renang jangan dulu..apalagi ditempat umum..pencemaran hehehe...

kebookyut on "Tenang, Cuma Mitos !!" said...

kusso!!
keboo lagi mens nih, jadi geli bacanya...
hyiiiii

kebookyut on "Tenang, Cuma Mitos !!" said...

kusso!
keboo lagi dapet nih, jadi geli bacanya.. hyiiii

UMS EDUKASI on "Tenang, Cuma Mitos !!" said...

wah gmn ni klo mentruasi blm datang...mat siang

richo on "Tenang, Cuma Mitos !!" said...

untung aku ga mens yah...... jiaaaa mang aku co apakah hehehehhe

sms cinta romantis on "Tenang, Cuma Mitos !!" said...

huahaahaha...bagus tu artikelnya...cape jadi cewek

beritauptodate on "Tenang, Cuma Mitos !!" said...

waduh ngak ngerti yang ginian.....artikel nya untuk cewek :D

Hendriawanz on "Tenang, Cuma Mitos !!" said...

Yang no 5, mau bagaimana pun susah kalau yang ngelarang yang punya kolam..whooh!

Gotbloggers on "Tenang, Cuma Mitos !!" said...

WEw lengkap banget yah haha.. , tapi sayangnya aku bukan wanita...

fanny on "Tenang, Cuma Mitos !!" said...

tapi geli akh kalo lagi mens berenang. nanti kemana2 walau pake pembalut juga. hiii...

anyin on "Tenang, Cuma Mitos !!" said...

dasarrrr hehe sensitip niih

heru on "Tenang, Cuma Mitos !!" said...

hehehe untuk kaum hawa nich boss, kurang ngerti dech

Alwi on "Tenang, Cuma Mitos !!" said...

Iya tuh kadang banyak mitos2 yg berkembang di masyarakat ttg sesuatu hal yg sebenarnya tidak tepat atau tidak sesuai dg keadaan yg sebenarnya tapi kadung menjadi kepercayaan. Seperti halnya ketika orang hamil kalau pergi harus bawa2 gunting dan masih banyak mitos2 yg lain yg berkembang di masayarakat.

Tapi ada juga yg kelihatannya mitos tapi sesungguhnya punya makna filosofi yg dalam, seperti awas jangan ngludah sembarangan nanti bibirnya sumbing, maksudnya jangan meludah sembarangan karena memang gak sopan jorok dan tidak sehat, cuman bahasanya sudah kadung seperti itu, awas jangan bakar daun basah nanti sakit mata atau sakit perut dsb. awas jangan kencing menghadap atau dekat kuburan nanti anunya ....... dsb

Alwi on "Tenang, Cuma Mitos !!" said...

Kalau orang lagi mens dilarang renang, Selama memakai pembalut dan tidak merasa risih, berenang saat menstruasi tidak dilarang. Dan ini sama sekali tidak berpengaruh pada kesehatan. Sebagai saran, jika perut merasa kram ::(, barulah hentikan aktivitas berenang. Atau pada saat air kolam sudah berubah jadi merah hehe...hohohoho

Kalau di kolam renang pribadi sih monggo aja asal jangan di kolam renang umum yang lain pada kabur jorok heeee..... apalagi air kolam jadi berubah warna heeeee

Alwi on "Tenang, Cuma Mitos !!" said...

Oh ya hampir lupa Link sudah terpasang di sini :
http://m-alwi.com/daftar-link dengan nama :
Lifestyle Inspiration

Bayu Lebond on "Tenang, Cuma Mitos !!" said...

lah gw gak pernah sakit beginian tuh sam...wkwkwkwwk

Dek Yusron on "Tenang, Cuma Mitos !!" said...

artikel sobat keren banget sangat berguna lagi... please komen balik ya... di:
Kegiatan Sholat Dhuha Di Sekolah Ku

kalau berkenan sekalian di follow blognya

Rinda on "Tenang, Cuma Mitos !!" said...

paling males kl harus renang disaat lg M,ga kebayang deh bkl jd laut merah ke2,,hahaha

1 lgi ah nambahin mitosnya,eh fakta denk dim,kl cewe lg stress,M'nya itu bs 2x lebih sakit,ati2 aja ya dim kl ada cwe yg tiba2 ngamuk geje,,kaburrrr ^0^

pakde sulas on "Tenang, Cuma Mitos !!" said...

bagi pakde mentruasi berarti pakde harus puasa he he he...

ada mitos lagi, yang ini pakde dapat dari buku mengenal tubuh wanita disana diceritakan diwilayah arab ada penduduk yang percaya kalau ada wanita menstruasi wanita itu harus diasingkan

ghostech on "Tenang, Cuma Mitos !!" said...

bro ....
tukaran link y ...
saya uda pasang linknya silakan di cek ...
jgn lupa link backnya y ...

angger on "Tenang, Cuma Mitos !!" said...

gak ngerti sob kalau kayak ginian,jadi numpang lewat aja yach ^__^

Dunia Komputer on "Tenang, Cuma Mitos !!" said...

Kayanya istri saya mesti baca yang ini sob. Nice info sobat!

RUANG RINDU on "Tenang, Cuma Mitos !!" said...

Weeeeyyy ... yg no.1 itu gan !! penelitian siapa dulu itu? jgn2 anda yg ngukur hayoooo. Sampai diukur 150 ml segala. Hahahah aneh banged ya.

Nyach on "Tenang, Cuma Mitos !!" said...

wAH SETELAH BACA YANG INI punya bahan aku, klo anak2 lagi ngalem karena alasan sedang dapet , tapi sebenarnya aku gak ngerti banyak masalah ini.

Nyach on "Tenang, Cuma Mitos !!" said...

sering anak2 ijin pulang karena sakit saat dapet kok, ngalem apa action ya ?

Nyach on "Tenang, Cuma Mitos !!" said...

Permisi aku link ya mas

☼►100ABC blog◄☼ on "Tenang, Cuma Mitos !!" said...

Sangat bermanfaat bagi para "pelaku" menstruasi sehingga didapat informasi yang benar.
Makasih berbaginya

Kang Sugeng on "Tenang, Cuma Mitos !!" said...

jiakakakaka... ini cowok koq postingannya tntng M sih? hahaha... good... nice info.

rahmatea on "Tenang, Cuma Mitos !!" said...

wah ini sih......bukan buat saya tapi buat istri saya kali ya....he..he....
salam aja.

rahmatea on "Tenang, Cuma Mitos !!" said...

oya...thank's dah mampir dan komen.

exort on "Tenang, Cuma Mitos !!" said...

oh...please jangan berenang dulu ya pas mens...pleaseeeeee.....

The small KAITO on "Tenang, Cuma Mitos !!" said...

Hahaha, untung aku cowok, jadi ga menstruasi... :P

ghostech on "Tenang, Cuma Mitos !!" said...

wah ... pake pembalut bisa kemandulan ...

tapi ... kl gak pake juga susah wakakaka ....

Rahad 2 Six on "Tenang, Cuma Mitos !!" said...

bener tuh...
mitos udah mempengaruhi masyarakat setempat...
ada juga mitos kalo sering2 (maaf) masturbasi bakalan mandul...

mitos oh mitos...

follow balik ya...kalo mau bisa tukeran link juga...

♥ria♥ on "Tenang, Cuma Mitos !!" said...

aku kalo mens sakitnya luar biasa >,< hikz

Astriani on "Tenang, Cuma Mitos !!" said...

Blognya bagus yach...salam kenal

Nobie on "Tenang, Cuma Mitos !!" said...

wah say gak tau nuyy tttg mens heh coz cowok makasih udah memperdetail :D



berkunjung dan ditunggu kunjungan baliknya
salam blogger
makasihh
:D

Elsa on "Tenang, Cuma Mitos !!" said...

cowok kok bisa posting gini ya?
heheheheee

ieyaz on "Tenang, Cuma Mitos !!" said...

waduhh..reang saat menstruasi...?????
kolam renangnya jadi kolam darah dunkzz..
abis renang harus nguras kolam renang tuh...

hahahaha...

yang jelas klo mestruasi perut pasti kram dan badan jadi pegal-pegal....!!!!!! :(

d'Rumpies d'Cinta on "Tenang, Cuma Mitos !!" said...

Wah, ternyata gt ya
Br tau lho, Yg aku tahu sih, emang saat mens ga boleh renang.
Bahaya...

bonk ava on "Tenang, Cuma Mitos !!" said...

pms! untung gw kagak pernah pms! ajaaahhahahahhh!

Dimas on "Tenang, Cuma Mitos !!" said...

@ALL : thx ya udah mau mampir, kunjungan rutin segera datang..

Darin on "Tenang, Cuma Mitos !!" said...

waduh khusus wanita nih! cabuuuut! :D

richo on "Tenang, Cuma Mitos !!" said...

klo pas mens renang jadi merah tar aire heheh

Meutia Halida Khairani on "Tenang, Cuma Mitos !!" said...

wah, berguna bgt nih... untung saya ngga termasuk cewek percaya mitos beginian

radiointernet on "Tenang, Cuma Mitos !!" said...

satu lagi tambahan, mitos cewe yg lg mens gak boleh berdzikir. padahal itu gak apa-apa asal ada batasan2 nya yg sesuai dengan syari'at.

iklan mobil on "Tenang, Cuma Mitos !!" said...

jadi cowok memang paling enak ga perlu mengalami yang namanya menstruasi, hehe..

Training Ahli K3 on "Tenang, Cuma Mitos !!" said...

yang no. 6 klo berbulan2 bisa mati dong orang.. hehe..

Media Indonesia on "Tenang, Cuma Mitos !!" said...

salam kenal .
makasih buat infonya .
sukses yaa .

Android Phone Tips on "Tenang, Cuma Mitos !!" said...

wah..baru tahu neh ada mitos kaya gini, bagus tipsnya.

Android Phone Tips | Android Phone Tutorial

Sidat on "Tenang, Cuma Mitos !!" said...

walaupun masih mitos tapi udah kadung nancep dibenak para cewe..
Sidat | unagi

XAMthone plus on "Tenang, Cuma Mitos !!" said...

hehe keren juga nih informasinya , sangat bermanfaat sekali gan

kelenjar getah bening on "Tenang, Cuma Mitos !!" said...

ok juga info dan tips nya,,

jadi nambah ilmu nih

xamthone plus on "Tenang, Cuma Mitos !!" said...

makasih ya..
aku jadi tw sekarang...

agen xamthone plus semarang on "Tenang, Cuma Mitos !!" said...

makasih ya buat infonya
haduh kalau lagi menstruasi gk pakai pembalut gmna jdinya
heu

obat luka diabetes on "Tenang, Cuma Mitos !!" said...

aits.. tapi yang saya rasain jika lgi dpet bnr2 lemes bangt nie badan,,hmm... ada solusinya gx??
makasih y atas informasinya...
salam kenal ajj

xamthone plus on "Tenang, Cuma Mitos !!" said...

waduhh berenang gak apa apa nih?? enggak ahh malu.. ntar jadi lautan merah lagi..hee
makasih informasinya sangat bermanfaat

vie on "Tenang, Cuma Mitos !!" said...

Wach info yg sangat menarik nich. . .
jd ga prlu brpikir yg aneh" lg dech. . .
hehehe. . .
thanks infonya. . .

chute on "Tenang, Cuma Mitos !!" said...

Dpet ilmu bru nich,..!!

makasih bnyak Informasinya..

Tiket Pesawat - Voucher Hotel - Paket Tour on "Tenang, Cuma Mitos !!" said...

byk mitos yg ga bener


Tiket Online Murah Harga Promo !!
Voucher Hotel Murah
Bali Tour and Jogja Tour
Paket Keagenan Travel Agent Only 50,000 !!
Sports - Movie - Tips
All About Jogja and Semarang
Training 5 S / 5 R dan Produktivitas Karyawan
Training - Traveling - Trading



Paket Kemitraan Travel Agent Only 50,000 !! on "Tenang, Cuma Mitos !!" said...

itulah pentingnya ilmu


Tiket Online Murah Harga Promo !!
Voucher Hotel Murah
Bali Tour and Jogja Tour
Paket Keagenan Travel Agent Only 50,000 !!
Sports - Movie - Tips
All About Jogja and Semarang
Training 5 S / 5 R dan Produktivitas Karyawan
Training - Traveling - Trading



obat herbal penyakit ginjal on "Tenang, Cuma Mitos !!" said...

ternyata semua itu hanya mitos saja...
terimakasih info nya.

obat herbal kanker hati on "Tenang, Cuma Mitos !!" said...

kalo di larang renang sih ada bener nya juga gan..
karenakan nanti darah nya bisa menyebar kemana-mana.

obat herbal kanker payudara on "Tenang, Cuma Mitos !!" said...

para wanita wajib tau nih supaya bisa lebih tenang jika sedang menstruasi.

obat herbal alami on "Tenang, Cuma Mitos !!" said...

info yang sangat bagus..
semoga bermanfaat untuk orang banyak.

dede on "Tenang, Cuma Mitos !!" said...

wah aku ga neru nyang ginian.

dde on "Tenang, Cuma Mitos !!" said...

wah aku ga ngerti yang gituan

dde on "Tenang, Cuma Mitos !!" said...

haha kok lelaki2 nerti yang gituan,

aku juag gangerti tuh apa mentruasi,

artikel Obat herbal Tradisional on "Tenang, Cuma Mitos !!" said...

ga bosen baca artikel nya ..
seruuu..
lanjutkan :)

obat panas lambung |
obat Infeksi Hati |
obat tradisional lupus anak

Resep Sederhana on "Tenang, Cuma Mitos !!" said...

terimakasih atas informasi yang bermanfaatnya admin

Obat Gondok on "Tenang, Cuma Mitos !!" said...

oke dapat di pahami, terimakasih infonya

Jangan Lupa Komentarnya Tentang :
"Tenang, Cuma Mitos !!"

Silahkan diisi komentarnya, asal nga spam y...

 

Lifestyle Inspiration Copyright © 2009 WoodMag is Designed by Ipietoon for Free Blogger Template